Jumat, 05 Oktober 2012

Partner Robot dari Toyota

Liek Toyota SurabayaPartner Robot. Partner robot dari Toyota merupakan sebuah gambaran teknologi dari Toyota dengan merancang serangkaian robot yang berkonsep “harmoni dengan orang-orang” (Humanoid Robot). Partner robot dikembangkan Toyota pada tahun 2000.

Toyota Partner Robot Robina dan Humanoid | Toyota Surabaya

Konsep partner robot yang harmoni dengan orang merupakan semangat Toyota dalam mengembangkan teknologi untuk memperkaya kebutuhan masyarakat dengan membuat inovasi-inovasi seperti partner robot yang dapat sebagai mitra manusia.
Partner robot yang diberi nama Robina dan Humanoid telah hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 – Jakarta. Partner robot Robina diciptakan sebagai robot dengan karakter wanita sehingga dapat sebagai mitra manusia dalam membantu pekerjaan rumah bahkan perawatan medis juga. Sedangkan partner robot Humanoid diciptakan sebagai robot dengan karakter pria, yang dapat bermain alat musik dan menggunakan peralatan.
Kedua partner robot tersebut mempunyai kemampuan yang hampir menyerupai manusia, dapat bergerak dengan luwes, berkomunikasi dengan manusia, dan mempunyai kepedulian dan kecerdasan. Untuk masa depan diharapkan partner robot tersebut dapat sebagai asisten yang terpercaya bagi kebutuhan manusia, seperti sebagai perawat pada bidang medis di rumah sakit, merawat pasien, dan mendukung tugas-tugas rumah tangga.
General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo, mengatakan Toyota menterjemahkan Goodness for Tomorrow sebagai semangat memberikan dan menebarkan kebaikan demi masa depan. Salah satunya melalui pengembangan partner robot yang memanfaatkan kemajuan teknologi di industri robot.
Toyota telah mengembangkan dan menerapkan teknologi robot sejak tahun 1980an pada bidang-bidang seperti otomotif dan IT sehingga dapat memberikan kontribusi kepada dunia dan kepada orang-orang dengan memperkaya kebutuhan masyarakat dengan teknologi tersebut.
Selain Robina dan Humanoid, Toyota juga menciptakan Walk Assist Robot. Robot ini berfungsi untuk membantu orang yang mengalami kelumpuhan akibat stroke atau polio sehingga dapat berjalan lebih aman dan alami. Sedangkan robot yang lain yaitu Care Assist Robot yang berfungsi untuk membantu mengangkat pasien dari dan ke tempat tidur, serta untuk kebutuhan pasien lainnya.
Dari semangat Toyota yang ingin menjadi sahabat sejati (true friend), Toyota telah melakukan terobosan dengan pencapaian teknologi yang dicapainya melalui kedua partner robot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar