Rabu, 05 September 2012

Busi Indikator Kondisi Mesin

Liek ToyotaSurabaya. Busi adalah salah satu komponen penting pada sistem pengapian mobil. Kondisi mesin menurun dapat diketahui salah satunya dari kondisi busi yaitu dengan melepas busi dan melihat warna yang ada di area center elektrodanya.
Busi Mesin Mobil Toyota | Toyota Surabaya | Harga Toyota Surabaya
Hitam kering berkerak : mesin mengalami pembakaran yang tidak sempurna karena bensin tidak terbakar semuanya dan filter udara yang jarang dibersihkan sehingga tersumbat. Kondisi mesin menjadi susah dihidupkan.
Hitam basah : mesin susah dihidupkan karena busi kotor oleh endapan oli dan endapan kerak karena campuran bensin dan udara yang tidak sempurna (campuran bensin lebih banyak) sehingga bila terjadi hal ini maka perlu adanya pergantian sil yang rusak (bocor).
Coklat kemerahan : mesin mengalami pembakaran yang sempurna karena busi bekerja dengan sempurna. Kondisi mesin mudah dihidupkan dan bekerja baik pada putaran tinggi maupun rendah.
Putih berkerak : kondisi mesin mengalami kehilangan tenaga disebabkan mesin mengalami overheating karena kotornya pada ruang bakar. Timing pengapian yang tidak tepat (terlalu cepat). Bisa juga karena salah memilih jenis busi.
Namun bila anda tidak mempunyai waktu luang untuk membuka dan melihat kondisi busi maka salah satu cara terbaik bagi pemilik mobil Toyota adalah melakukan pengecekan atau perawatan mobil ke bengkel resmi Liek Toyota yang ada di Surabaya atau Mojokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar