Rabu, 05 September 2012

SRS Airbag, Keselamatan Pasif Pada Mobil

Liek ToyotaSurabaya – SRS Airbag. SRS Airbag (Supplemental Restrain System Airbag) dikembangkan Toyota sebagai teknologi keselamatan pasif yang melengkapi sabuk pengaman. Alat ini sebagai sistem penahan tambahan pada saat terjadi benturan dan sabuk pengaman sebagai alat utama yang membantu melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan.

SRS Drive Airbag Toyota Fortuner | Dealer Resmi Toyota Surabaya
Komponen ini dikembangkan dan diadopsi dengan berbagai jenis yaitu, SRS Driver Airbag, SRS Front Passenger Airbag, SRS Curtain Shield Airbag, SRS Side Airbags, dan SRS Knee Airbag. SRS Driver Airbag dipasang di tengah bantalan roda kemudi dan SRS Front Passenger Airbag dipasang pada dasbor di depan tempat duduk penumpang depan.
Pada saat terjadi kecelakaan, besarnya energi benturan akan diterima oleh sensor depan airbag (Front Airbag Sensor) yang diletakkan di depan mobil dan sensor di dalam mobil (Airbag Sensor Assembly). Sensor tersebut akan mengaktifkan Initiator yang akan membakar Propellant Grain & Enhancer sehingga menghasilkan gas dan mengembangkan airbag, kemudian airbag akan mengempis. Peristiwa tersebut memakan waktu kira-kira 0,2 detik.

Urutan Mengembangnya SRS Airbag | Toyota Surabaya
Urutan Mengembangnya SRS Airbag | Toyota Surabaya
SRS Airbag mempunyai batas mengembang bila tingkat benturan di atas ambang yang telah ditentukan yaitu kecepatan mobil kira-kira 25 km/jam sampai yang lebih tinggi dan saat menabrak secara frontal penghalang permanen yang statis atau objek yang dapat bergerak saat tertabrak (misal mobil yang sedang parkir). SRS Airbag juga akan mengembang bila terjadi benturan serius pada bagian bawah kendaraan.
SRS Airbag tidak akan mengembang apabila terjadi benturan atau kondisi seperti benturan dari arah samping body mobil, kendaraan terguling, menabrak objek yang lebih tinggi atau tidak mengenai sensor depan, menabrak tiang tepat di tengah (kondisi tertentu), benturan dari belakang, dan benturan menyudut.
Alat ini dapat memberikan efek samping pada saat SRS Airbag mengembang dengan cepat (kecepatan mengembang di atas 100 km/jam), efek samping itu adalah penumpang akan mengalami memar, luka lecet, cedera, terjadi suara letupan keras dan asap putih yang dapat mengakibatkan iritasi pada mata, kulit, dan sesak nafas sementara.
Perhatikan pada saat membawa balita atau anak-anak ketika mengendarai mobil yang dilengkapi SRS Airbag, alangkah baiknya ditempatkan di kursi belakang. Jadi jangan menempatkan balita atau anak-anak di tempat duduk depan karena dapat membahayakan mereka pada saat SRS Airbag mengembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar